Search This Blog

Wednesday, February 29, 2012

Codename Terbaru "Windows 8"

Codename "WINDOWS 8"


Windows 8 merupakan chodename terbaru microsoft windows yang akan segera di rilis pada tahun 2012. Windows 8 akan berbeda dengan versi windows 7 dan versi windows sebelumnya. Perubahan khusus untuk windows 8 adalah dukungan x86 microprocessor dari intel dan AMD.
New Metro style perubahan antar muka yang dirancang untuk mendukung inputan selain mouse, keyoboard dan pena yaitu terdapat inputan layar sentuh.
Pelbagai perubahan di windows 8 ini diantaranya adalah :
  • Antar muka baru bernama metro style
  • Adanya penambahan Windows store sebuah pasar online untuk membeli, menjual dan aplikasi iklan
  • Dukungan terhadap ARM Microprocessor X86 dari intel dan AMD
  • Diprediksi kegunaan tombol start akan dihapus
  • Tampilan baru windows explorer yang lebih mirip aplikasi microsoft office
Selain itu, pada versi microsoft terbaru yakni windows 8 ini mendukung live usb yang artinya sistem operasi ini bisa dijalankan hanya dengan menggunakan sarana flash disk yang disebut dengan “windows go to”. Pula terdapat dukungan untuk USB 3.0 tanpa perlu meload driver.

Disini kami akan membahas fitur-fitur yang ditawarkan oleh Windows 8, antara lain :

1. Start Screen
Tampilan baru, pada start screen kamu akan dihadapkan pada pilihan untuk memilih tampilan “Metro” atau tampilan desktop. Kamu dapat men-scroll slide demi slide dari berbagai aplikasi. Pada sebelah kanan layar utama, tampak berbagai pilihan aplikasi dari Media Hub. Dengan tampilan seperti ini akan memudahkan penggunaan Windows 8 pada tablet PC.

2.  Penggunaan RAM
Untuk menjalankan Windows 8 jumlah RAM yang dibutuhkan hanya sebesar 281MB, hampir setengah dari penggunaan RAM pada Windows 7 yaitu sebesar 404MB. Hal ini akan membuat performa Windows 8 jauh lebih baik dari Windows 7.

3. Group Aplikasi
Pada Windows 8 kamu bisa mengelompokkan aplikasi favorit kamu berdasarkan genre atau fungsi sesuka hati. Hal ini memungkinkan akses terhadap aplikasi yang paling sering digunakan bisa lebih mudah dan terorganisir. Pengelompokkan aplikasi bisa dalam group game, multimedia, desain grafik, atau Office.

4. On Screen Keyboard
Fitur yang satu ini hampir mirip dengan yang ada di Windows 7, namun dari segi tampilan jelas berbeda. Selain full screen, on screen keyboard ini berukuran lebih besar dari biasanya, yang akan memudahkan penggunaannya pada gadget atau tablet touchscreen. Hal ini bukan berarti Windows 8 tidak meggunakan mouse dan keyboard, tetapi on scren keyboard ini hanyalah sebuah pilihan sesuai keinginan user.

5. Task Manager Baru
Windows 8 menghadirkan tampilan dan antarmuka baru pada salah satu utilitas yang paling sering digunakan ini. Tampilan Task Manager baru ini terlihat bagus, mudah dibaca, dan mempermudah kamu untuk menambah dan menghapus program yang kamu ingin jalankan otomatis pada saat startup.

6.windows 8 tidak membutuhkan upgrade
Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini

7. Waktu boot yang singkat
Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.

8. Internet Explorer 10
Internet Explorer 10 dijanjikan membawa perubahan besar ketimbang versi IE terdahulu. Browser ini diklaim sangat ramah digunakan baik dalam tablet maupun PC.

9. Sekuriti lebih baik
Windows 8 dikatakan akan memiliki fitur sekuriti lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender lebih ditingkatkan kemampuannya di OS ini.

Berikut beberapa tampilan yang saya ambil dari screen shotnya...

 
 Tampilan awal pas mau masuk Windows

Tampilan Menu Awal

Tampilan Desktop

Tampilan Control Menu

Tampilan Task Manager

Tampilan Explorer

Lumayan bagus lah...
tapi...jujur sih kayaknya akan sedikit susah untuk pemula...
^_^

No comments:

Post a Comment